adfly

Senin, 25 November 2013

Apakah Pak Mario punya musuh? Tidak. Saya tidak punya musuh. Tapi kan ada oran...

Apakah Pak Mario punya musuh?



Tidak. Saya tidak punya musuh.



Tapi kan ada orang yang memusuhi Pak Mario?



Walaupun mereka memusuhi saya, mereka bukan musuh saya, karena saya tidak memusuhi mereka.



Terus?



Yah, mudah-mudahan mereka lama-lama juga merasa tidak enak memusuhi orang yang tidak memusuhi mereka.



Aamiin



Tapi apakah Pak Mario tidak kuatir dinilai penakut?



Tidak. Pemberani justru sangat damai dalam menghadapi orang yang memusuhinya.



Jadi kedamaian adalah tanda keberanian?



Ya.



Tapi ada teman saya kalau marah berteriak-teriak kepada musuhnya.



Mungkin baginya, berteriak lebih aman daripada betul-betul bertarung.



Kalau berani, dia bertarung?



Ya.



Terus, kenapa sedikit sekali orang yang betul-betul bertarung?



Karena bertengkar dan bertarung – lebih banyak ruginya daripada untungnya.



Jadi sebetulnya mereka yang marah, saling menantang, mengancam, tapi tidak betul-betul bertarung itu - takut rugi?



Ya. Kalau pasti untung, mereka akan melaksanakan serangan fajar ke sarang masing-masing.



Jadi apa yang harus kita lakukan kalau menyaksikan orang yang ramai bertengkar?



Kalau bisa kita cegah secara langsung, cegah.

Kalau bisa dinasihati, nasihati.

Tapi kalau tidak bisa, yah kita doakan agar Tuhan menyinarkan hidayah yang mendamaikan hati mereka, yang membuat mereka melihat bahwa persahabatan itu jauh lebh baik daripada permusuhan.



Aamiin



Dan semoga orang-orang yang mengambil keuntungan dari memberitakan aib dan pertengkaran, juga diberikan petunjuk untuk tidak mengunduh rezeki dengan cara yang tidak mendamaikan sesama.



Aamiin



Mario Teguh – Loving you all as always



via Mario Teguh's Facebook Wall http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=10152254375249881&id=52472954880

Tidak ada komentar:

Posting Komentar